5 MIN READ

Kota Loveland ditugaskan untuk membangun proyek pengadaan fiber baru dengan cepat, yang bernama Pulse.

Loveland, Colorado, yang dikenal sebagai Sweetheart City dan Gateway to the Rockies, didirikan pada tahun 1877 dan berlokasi di sepanjang jalur Colorado Central Railroad yang baru dibangun. Saat ini, kota berpenduduk sebanyak 78.000 orang yang berada di barisan depan Pegunungan Rocky, terus berkembang. Loveland memiliki perusahaan pelayanan publik, termasuk perusahaan utilitas listrik yang melayani sekitar 38.000 pelanggan dan utilitas air yang melayani sekitar 28.000 pelanggan.

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) di kota ini sudah dimulai di akhir tahun 1980-an. Sistem ini awalnya dirancang untuk menjadi sistem pemetaan otomatis untuk manajemen fasilitas yang digunakan oleh departemen utilitas. Sistem ini melacak semua perawatan lubang, pipa, trafo, dll. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya kapabilitas SIG kota Loveland memperluas penggunaan SIG ke disiplin ilmu lain seperti pencatatan tanah, perencanaan, dan engineering. Pada tahun 1993, dibuat posisi Koordinator kota di bawah Departemen Layanan Masyarakat yang tugasnya mengelola database secara umum, men-support SIG user, dan mengembangkan program komputer yang dirancang khusus. Sejak saat itu, sebagian besar atau hampir semua kota menggunakan sistem tersebut baik dengan personel mereka sendiri atau menggunakan layanan yang ditawarkan di Divisi SIG pusat. Pada tahun 1998 dan 2005, kota Loveland menerima Exemplary Systems in Government Award dari Urban and Regional Information Systems Association atas upaya-nya dalam pengembangan dan pengimplementasian SIG. Juga, pada tahun 2005 dan 2011, kota Loveland menerima penghargaan dari Esri atas prestasinya di bidang SIG. Selain itu, Departemen Utilitas ini telah menerima banyak tulisan dan penghargaan atas penggunaan SIG.

Pulse-city of loveland

Di awal tahun 2018, pemerintah kota Loveland mulai berpikir untuk menginstal jaringan fiber, yang akhirnya proyek ini diberi nama Pulse. Sebagai langkah awal, pemerintah kota harus menyelesaikan semua prasyarat-nya termasuk melakukan studi kelayakan dan mendapatkan persetujuan dari dewan kota. Selanjutnya, menentukan vendor untuk melakukan desain dan konstruksi. SIG menjadi komponen utama dari proyek ini, baik selama konstruksi dan sesudahnya, ketika melakukan analisis, engineering, pemeliharaan, dan dukungan pelanggan. Ditentukanlah Esri sebagai vendor karena sudah punya track record di kota ini. Pembangunan utilitas baru yang dimulai pada awal tahun 2020, dalam setahun sudah melayani banyak pelanggan dan berkembang pesat.

Tantangan

Untuk memenuhi kebutuhan jaringan fiber baru, Pulse, kota ini mengakui bahwa salah satu persyaratan utamanya adalah kebutuhan untuk mengakses data spasial hampir secara real-time untuk memastikan berbagai sistem dan kelompok dapat saling berkomunikasi di seluruh organisasi. Tim Loveland mulai mempelajari dan mempertimbangkan apa yang harus dilakukan. Salah satu nya adalah kebutuhan pertukaran data yang cepat dan efisien antara format data dan platform, dan antar end user (tim kantor, pekerja konstruksi, ahli perencanaan dan network, manajemen bisnis, pemasaran, dan teknisi di lapangan). Ada kebutuhan untuk menyediakan akses dan metode untuk mengelola data terkini yang penting untuk keselamatan dan tanggung jawab kru. Kemampuan kerja jarak jauh juga diperlukan untuk memberikan dukungan di berbagai platform seluler (laptop, perangkat Android, iPhone, Toughbook, dan lainnya). Yang terpenting adalah kebutuhan akan ekosistem yang fleksibel dan dapat diskalakan yang cocok untuk digunakan oleh startup penyedia broadband.

Connection system loveland

Solusi

Dengan teknologi Esri yang telah digunakan di departemen lainnya dan kemampuannya untuk memenuhi semua kebutuhan tim Pulse, ArcGIS adalah pilihan yang mudah untuk digunakan sebagai fondasi. Berikut penjelasan alasan mengapa produk dan layanan Esri yang dipilih oleh tim di Pulse:

  • ArcGIS Desktop/ArcGIS Pro
    • Menyediakan lingkungan yang ideal untuk melihat, mengedit, membuat, mengelola, menganalisis, dan mengontrol kualitas data
  • ArcGIS Server
    • Menghosting dan menyajikan data di seluruh organisasi
  • ArcGIS Online
    • Menyediakan akses luas ke peta web untuk kelompok user tertentu
    • Memungkinkan sekelompok user untuk membuat peta web
  • ArcGIS Collector, ArcGIS Field Maps
    • Pekerja konstruksi dan inspektur dapat menggunakan perangkat seluler untuk mendapatkan referensi dan pengambilan data secara real-time.
  • ArcGIS Explorer
    • Menyediakan akses read-only bagi mereka yang hanya perlu melihat namun tidak memerlukan akses untuk mengedit
  • ArcGIS Web AppBuilder
    • Digunakan untuk pembuatan aplikasi web untuk pelacakan, mengontrol kualitas, dan aplikasi lainnya.
  • ArcGIS + Schneider Electric's ArcFM Fiber Manager
    • Menyediakan pelacakan untuk konektivitas antara berbagai fitur fiber di lapangan
    • Dapat membuat dan memelihara jalur fiber
    • Dapat melaporkan secara rinci
    • Memberikan fleksibilitas untuk memodifikasi model data

ArcFM Fiber Manager

Partner

Schneider Electric ArcFM Fiber Manager

  • Produk: ArcFM, ekstensi sistem ArcGIS
  • Fungsi: ArcFM sebagai single version of truth sebagai landasan operasional untuk pengiriman, pemecahan masalah, analisis teknik, perencanaan, pelaporan, layanan pelanggan, dan bahkan hubungan media selama terjadi pemadaman.
  • Industri yang didukung: Listrik dan Gas, SIG, Teknologi Informasi, Pekerjaan Umum, Telekomunikasi, Sumber Daya Air, Air, Air Limbah dan Air Hujan

Hasil

Memanfaatkan ArcGIS sebagai landasan operasional geospasial memberi Pulse berbagai hasil positif untuk organisasi yang baru dibentuk. Secara khusus, tim Pulse dapat melihat komunikasi secara real-time antara vendor, kru lapangan, dan departemen kota. Kemampuan untuk mengirimkan data dengan cepat dan efisien ke end user terealisasikan. Ekosistem dibangun untuk menerjemahkan data dengan cepat dan mudah untuk user dengan tingkat pengalaman dan  paparan teknologi yang berbeda. Data terkini digunakan untuk mendukung keselamatan dan tanggung jawab kru melalui platform seluler melalui perangkat Android, iPhone, dan Toughbooks, yang telah disediakan.

Selain itu, tim di Pulse dapat memanfaatkan fitur layanan Esri untuk menerbitkan pelacakan SIG dan data konektivitas dari satu sistem catatan dan sumber yang sama. Sepanjang operasi, ArcGIS Collector dan ArcGIS Field Maps memastikan kru konstruksi dan inspektur bisa mendapatkan data yang mereka butuhkan dari jarak jauh saat mereka membutuhkannya, dan memungkinkan editor SIG menerima data real-time untuk update dan QC.

Selain itu, data juga tersedia untuk petugas pencari lokasi, petugas pelayanan pelanggan, dan internal user lainnya sehingga mereka dapat melihat dan memanfaatkan data lapangan as-built yang diperbarui. Ini membantu petugas pencari lokasi untuk melihat kapan infrastruktur baru dibangun, yang kemudian menjadi tanggung jawab mereka. Pelacakan interaktif dan identifikasi perangkat fiber memungkinkan verifikasi lapangan dan pemecahan masalah kabel apa pun.

Cukup banyak data dan aktivitas yang terus berubah, dengan  menggunakan teknologi Esri memungkinkan semua bagian itu tetap sinkron dan terkelola satu sama lain.                                               - Sarah Rose, City of Loveland, Colorado, Senior Spesialis SIG

Pengguna

Loveland, Colorado

Tantangan

To accompany its existing GIS-powered electric and water utilities, the City of Loveland set out to create a fiber utility with fast, efficient, and near real-time spatial data exchange between formats, platforms, and users.

Untuk melengkapi SIG untuk utilitas listrik dan air yang sudah ada, kota Loveland mulai membuat utilitas fiber untuk kolaborasi data spasial yang cepat, efisien, dan mendekati real-time antara format, platform, dan pengguna.

Solusi

Berbagai perangkat ArcGIS dari Esri digabungkan dengan ArcFM Fiber Manager dari Schneider Electric untuk membangun infrastruktur utilitas dari awal.

Hasil

Within a year, the new fiber utility, called Pulse, was up and running, serving customers and enabling communication between vendors, field crews, and city departments with a single system of record.

Dalam setahun, utilitas fiber baru, Pulse, telah beroperasi, melayani pelanggan dan memungkinkan komunikasi antara vendor, kru lapangan, dan departemen kota dengan satu sistem pencatatan.

Mitra

Schneider Electric (ArcFM Fiber Manager)

Lightbox: industry subscription