2 MIN READ

Lebih dari tiga puluh juta pemilik usaha kecil di seluruh Indonesia terkena dampak pandemi COVID-19. Beberapa dari mereka kehilangan tempat tinggal dan banyak yang terpaksa hidup hanya dengan sebagian kecil pendapatan reguler mereka.

Virus korona menyebabkan peningkatan jumlah orang jatuh miskin sebanyak 2,8 juta orang, sehingga total menjadi 27,6 juta orang pada September 2021.

Di tengah pandemi ini, tim solusi Esri Indonesia menciptakan cara untuk menyalurkan bantuan, mengirimkan makanan dan bahan pokok kepada masyarakat dan pelaku bisnis yang paling terkena dampak pandemi.

Bekerja sama dengan situs penggalangan dana Kitabisa dan organisasi Warga Bantu Warga, tim Esri mengembangkan platform interaktif bernama 'Peta Kebaikan'.

Memetakan Kebaikan

Peta berbasis cloud yang dapat dengan mudah diakses di telepon seluler ini memungkinkan donatur untuk memilih pebisnis kecil atau lembaga sosial yang memerlukan bantuan. Setelah proses seleksi, donatur diarahkan ke platform Kitabisa untuk menyelesaikan transaksi mereka.

Setelah itu, tim Warga Bantu Warga di lapangan akan membagikan makanan dan bahan pokok kepada masyarakat terdampak COVID.

Sebelas kota yang terlibat dalam inisiatif Peta Kebaikan adalah: Jabodetabek, Lampung, Medan, Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Surabaya.

"-"

"-"

"-"

Dalam kurun waktu enam bulan, proyek Peta Kebaikan berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp. 2,3 miliar.

Kontribusi luar biasa ini membantu lebih dari 80 pelaku bisnis lokal dan pusat-pusat bantuan komunitas serta meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran mereka yang paling terkena dampak pandemi.

Kesuksesan proyek menjadi viral setelah diliput oleh Narasi.TV, dan ditonton oleh lebih dari 10.000 pemirsa.

Peta Kebaikan adalah bukti bahwa aplikasi berbasis komunitas dapat menginspirasi dukungan publik untuk membantu orang lain di saat krisis.

Apresiasi yang besar kepada Kitabisa.com, Warga Bantu Warga, Narasi.TV dan Esri Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Peta Kebaikan, kunjungi petakebaikan.kitabisa.com

Ingin menciptakan komunitas yang lebih cerdas? Lihat seberapa sukses pemerintah memanfaatkan teknologi GIS terbaru: esriindonesia.co.id/id/gis-untuk-kota-dan-kotamadya

About the Author

Soraya profile
Soraya Rizka Keumala
Solution Strategist Specialist
Esri Indonesia, Jakarta
Spesialis GIS untuk Kota Cerdas dan Perencanaan Tata Ruang.

Tags

Lightbox: industry subscription