2 MIN READ

Berkaitan dengan berita terbaru mengenai virus Corona (COVID-19), Chief Medical Officer Esri – Dr Este Geraghty – membagikan data, informasi, dan berbagai aplikasi untuk membantu para individu, organisasi, serta masyarakat agar dapat mempersiapkan diri lebih baik selama krisis kesehatan ini.

Geografi dan analisis lokasi berperan penting dalam memahami epidemi yang semakin berkembang ini. Organisasi Kesehatan Dunia dan Johns Hopkins University, telah merancang dasbor yang memberikan edukasi kepada dunia mengenai penyebaran virus serta tindakan kritis yang dilakukan – seperti pelarangan perjalanan dan upaya karantina. Meskipun dasbor ini menjadi sumber informasi yang sangat penting, kita harus terus menggali informasi untuk melindungi serta memulihkan kondisi masyarakat.

Johns Hopkins University Dashboard

Esri berkomitmen untuk membantu dan mendukung upaya berbagai organisasi di Indonesia berkaitan dengan perencanaan dan respons terhadap COVID-19. Kami telah menjalin kerja sama dengan banyak pihak di dunia untuk memudahkan akses informasi yang tepat guna membantu upaya darurat yang dilakukan oleh berbagai organisasi.

Alhasil, situs ArcGIS Hub Coronavirus memuat beragam aplikasi global dan regional yang dirancang di seluruh dunia oleh mitra terpercaya kami. Situs tersebut juga memuat berbagai sumber data yang relevan yang dapat digunakan untuk membangun dasbor, peta serta aplikasi.

COVID-19 GIS Hub landing page

Anda dapat membuat situs respons sendiri untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia pada situs Hub, seperti Coronavirus Response Template yang dapat diakses oleh seluruh pengguna ArcGIS Online.

Template tersebut dapat membantu organisasi Anda untuk membangun sebuah situs web dengan cepat untuk membagikan berbagai sumber daya, peta serta informasi mengenai COVID-19. Pelajari laman How-to Guide untuk melakukan konfigurasi template untuk komunitas lokal atau wilayah Anda.

Sebagai upaya menghadirkan informasi terbaru dan terakurat, situs Hub ini nantinya akan terus diperbarui dengan data dan informasi terkini yang tersedia. Upaya ini akan membantu organisasi dalam membuat keputusan berdasarkan fakta dan menjadikan komunikasi dengan pemangku kepentingan lebih efektif, akurat, dan cepat.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dari spesialis tim teknis kesehatan kami, dalam rangka merespon dan berbagi informasi tentang Covid-19, hubungi (021) 2709 9881 – 84 atau email kami.

About the Author

Dr. Este Geraghty
Dr. Este Geraghty
Chief Medical Officer and Health Solutions Director
Esri, US
Dr. Este Geraghty is the Chief Medical Officer and Health Solutions Director at Esri, leading the health and human services sector in the widespread application of GIS.

Lightbox: industry subscription