2 MIN READ

Portal pemetaan cerdas tentang aktivitas vulkanik di Bali memberikan informasi data yang berharga bagi publik dan badan penanggulangan bencana.

Kekhawatiran atas kemungkinan terjadinya bencana letusan gunung api terburuk di Bali dalam beberapa dekade terakhir, telah mendorong lembaga terkait mengeluarkan peringatan status Gunung Agung menjadi level IV bulan lalu yang dipicu oleh ratusan gempa yang terjadi, mengakibatkan ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka & demi menghindari ancaman bencana letusan gunung berapi.

Dalam usaha untuk mendukung upaya tanggap darurat, Pusat Dukungan Darurat Geospasial Esri Indonesia telah mengembangkan sebuah portal pemetaan cerdas yang bertujuan untuk memberi pengguna akses terhadap informasi aktual mengenai aktivitas vulkanik di Bali dan dampak potensialnya terhadap masyarakat yang akan terpengaruh.

3D smart maps for volcanic activity image
Tampilan 3D dari area zona bahaya dan titik pengungsian

Portal ini terdiri dari kumpulan aplikasi yang dirancang agar masyarakat tetap mendapat informasi yang akurat dan membantu para first responder, LSM dan pemerintah daerah setempat yang secara efektif akan menanggulangi bencana yang terjadi di lapangan.

Di antara aplikasi pemetaan yang tersedia di portal, termasuk peta dalam bentuk 2D dan 3D yang memberikan tampilan menyeluruh mengenai daerah rawan bencana, tempat - tempat pengungsian,jumlah keluarga pengungsi, lokasi posko evakuasi, tempat penampungan sementara dan fasilitas umum.

Dengan menggunakan platform ArcGIS, data otoritatif dari lembaga seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diintegrasikan dan divisualisasikan pada peta - yang mempermudah pengguna membuat keputusan yang lebih tepat untuk membantu melindungi diri dan keluarga mereka,” Cahyo Nugroho, Chief Industry Solution Officer Esri Indonesia, menjelaskan.

Peta di portal ini juga diperbarui secara real-time untuk membantu para first responder melihat infrastruktur penting dan anggota masyarakat rentan yang perlu dilindungi. Mereka juga dapat mengidentifikasi dan memprioritaskan ancaman potensial terhadap masyarakat serta mengembangkan rencana evakuasi yang komprehensif,“ ujar Cahyo

Dashboard Monitoring Report image
Dashboard Monitoring Report yang memberikan informasi tentang kondisi Gunung Agung, dan lokasi fasilitas umum dan tempat pengungsian

Esri Indonesia juga membuat aplikasi crowdsourcing untuk memberdayakan masyarakat berkontribusi memberikan informasi berharga yang dapat membantu pihak berwenang setempat untuk mengkoordinasikan upaya tanggap darurat dengan lebih baik. lnformasi yang disampaikan oleh masyarakat kemudian dapat dilihat melalui dashboard laporan kondisi lapangan yang bersifat interaktif.

Selain itu, untuk memanfaatkan tingkat penetrasi seluler yang tinggi di Indonesia, portal ini juga dapat diunduh dalam bentuk aplikasi seluler- dalam Bahasa lnggris dan Bahasa Indonesia- untuk membantu menjangkau dan melibatkan khalayak yang lebih luas - tidak hanya di Bali, namun juga seluruh dunia. Hal ini akan sangat berguna bagi wisatawan yang sedang merencanakan perjalanan ke Bali.

Pusat Dukungan Darurat Geospasial Esri Indonesia adalah program penanggulangan bencana untuk mendukung instansi pemerintah terkait dengan aplikasi yang diperlukan untuk memfasilitasi tanggap darurat secara efektif dan terkoordinasi. Aplikasi pemetaan cerdas dapat dilihat dan diunduh di http://arcg.is/2gBnQ3K.

Lightbox: industry subscription