3 MIN READ

What has 60+ survey forms, maps, pdf's, automated workflows and dashboards; is digitally transforming safety, health, environment and community (SHEC); and won three awards in 2023? DigiSHEC.

OZ Minerals (sekarang BHP), seperti banyak operator pertambangan lainnya, berusaha mengurangi risiko menhindari bahaya yang tidak perlu dan meningkatkan keselamatan pekerja sepanjang siklus kegiatan eksplorasi. Meskipun Oz Mineral sangat ketat dalam proses pelaporan dan due dilligence untuk menilai mitra baru serta secara rinci menyusun informasi keselamatan penting, sebagian besar informasi ini dicatat dalam spreadsheet individual yang kemudian terbuang atau tidak terdokumentasi dengan baik.

DigiSHEC, secara digital, mengubah cara informasi dikumpulkan ke dalam satu repositori, membuat semua titik data tersedia dalam pelaporan dinamis sehingga mudah digunakan dalam alur kerja semi-otomatis.

Aplikasi ini tidak hanya membuat penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan konsisten, namun dengan mendigitalkan metrik utama untuk melacak staf, komunitas, atau mitra, juga dengan mudah memastikan kepatuhan terhadap siklus aktivitas eksplorasi.

DigiSHEC — dibangun dengan menggunakan ArcGIS Online dan memanfaatkan prinsip pengelolaan data yang canggih — sederhana dalam desain namun mampu menghasilkan:

  • 60+ formulir Survey123.
  • Secara aman mentransfer data, formulir, dan peta ke tim lain.
  • Scheduled Notebooks untuk memudahkan proses pencarian tabel dari kumpulan data, pembuatan proyek, dan manajemen pengguna.
  • Power Automate untuk memproses PDF manajemen darurat dan rencana kerja teknis
  • Dasbor untuk menampilkan detail pengeboran.

Setelah menginvestigasi sejumlah sistem turnkey, kami menemukan bahwa banyak solusi out-of-the-box (OTB) tidak cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan kami atau solusi tersebut sangat besar dan mahal.

DigiSHEC - built on ArcGIS Online platform
DigiSHEC dirancang menggunakan komponen ArcGIS dan Microsoft Power Automate dengan struktur data yang digabungkan secara longgar memungkinkan fleksibilitas.

Esri teknologi, ArcGIS AppStudio, mengurangi waktu pengembangan (dan biaya) ketika diterapkan ke perangkat Android, Apple, dan Windows.

Sebagai bagian dari desain data, semua formulir sudah diisi sebelumnya dengan Project ID yang relevan melalui pemilihan proyek di UI. Oleh karena itu, semua data dapat dihubungkan kembali ke proyek untuk pelaporan. Ini berarti kami menggunakan database referensial (Parent/Foreign Key) sambil memproduksi lapisan fitur yang digabungkan secara longgar (dataset).

Atas kolaborasi antara GP One Consulting dan Esri Australia, aplikasi ini menghadirkan formulir survei yang intuitif dan mudah digunakan dengan UI kontekstual berbasis proyek untuk ahli geologi, sehingga memudahkan pengumpulan dan pengelolaan data eksplorasi. Kemampuan offline dalam formulir, peta, dan dokumen tambahan – seperti rencana darurat – membuat staf yakin bahwa mereka dapat mengakses rencana mereka dari mana saja.

DigiSHEC juga terbukti menjadi aplikasi yang berperan penting di departemen lain - tidak sebatas bagian IT (Teknologi Informasi); staf dapat membuat prototipe formulir mereka sendiri — yang menciptakan dukungan dan menjadikan aplikasi lebih kolaboratif dan mendistribusikan tanggung jawab dukungan aplikasi kepada banyak pemangku kepentingan.

Hal ini sangat membantu, karena BHP (Oz Minerals) telah memiliki lisensi pengguna dan mampu memanfaatkan kapabilitas yang ada, namun keuntungannya adalah sistem tersebut dapat dibagikan ke organisasi global lainnya yang menggunakan ArcGIS Online — seperti mitra mereka di Brasil.

Jika dipikir-pikir, ini adalah salah satu implementasi terbaik yang pernah saya kerjakan bukan hanya karena memberikan solusi inovatif yang praktis, namun karena hal ini menciptakan perubahan pola pikir di seluruh tim —  sehingga memenangkan tiga penghargaan di 2023 Geospatial Excellence Awards di Australia Selatan untuk kategori: Environment & Sustainability, Geospatial Enablement, and Technical Excellence.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengonfigurasi aplikasi ArcGIS Anda, hubungi Tim solusi Esri Indonesia.

About the Author

Gareth Walter 450x450.
Gareth Walters
National Business Development Manager
GP One Consulting, Adelaide, Australia
Gareth, seorang profesional GIS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, ahli dalam bidang pengembangan solusi GIS, di berbagai industri seperti pertambangan, keselamatan publik, dan pertahanan.

Lightbox: industry subscription