3 MIN READ

Esri Indonesia, penyedia solusi geospasial terkemuka di Indonesia, meluncurkan program Onemap.id — yang merupakan portal berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dirancang untuk membantu pemerintah daerah. Dengan mempercepat transformasi digital gunad sehingga dapat membuat kebijakan berbasis data, meningkatkan kepuasan masyarakat atas pelayanan pemerintah daerah.

Portal ini mencakup solusi tematik seperti pengawasan epidemiologi, pengelolaan pajak dan pendapatan, pemantauan tindak kriminalkejahatan, pengelolaan lingkungan dan limbah, pariwisata, mitigasi dan tanggap bencana, pengelolaan infrastruktur, bantuan sosial dan keterlibatan masyarakat dan masih banyak lagi.

Solusi-solusi tersebut dapat dengan mudah diterapkan dan diintegrasikan ke dalam sistem yang ada tanpa menulis satu pun baris kode pun, menurut Khairul Amri, Solutions Strategist Manager Esri Indonesia.

“Pandemi COVID-19 telah mempercepat transformasi digital di banyak organisasi dan cara terbaik untuk memberikan layanan publik yang lebih cerdas dan lebih cepat adalah dengan memanfaatkan data geospasial dalam membuat keputusan kebijakan publik,” kata Amri.

“Dengan visualisasi infrastruktur publik — seperti waduk, jembatan, bendungan — pemangku kebijakan dapat menggunakan teknologi SIG untuk memanfaatkan dana masyarakan dengan efektik dan investasi di sektor infrastruktur. Integrasi teknologi kecerdasan buatan (AI) berbasis geospasial — atau biasa disebut Geo-AI — dapat digunakan di dalam melakukan analisis terhadap obyjek-obyjek infrastruktur seperti kerusakan jalan.

“Dengan menggunakan peta interaktif dan pemantauan melalui satu dashboard tentunya akan sangat membantu pengambil keputusan untuk merencanakan dan memperpanjang umur manfaat infrastruktur publik dan memastikan para pembayar pajak dan generasi mendatang memperoleh manfaat dan menikmati infrastruktur yang telah dibangun dan dipelihara dengan baik” tuturnya.

“Ini hanyalah salah satu dari banyak cara bagaimana teknologi SIG dapat membantu perkotaan di seluruh dunia dan menjadi Smart City. Kami yakin bahwa OneMap.id dapat membuka jalan bagi keberadaan Smart City di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Hingga Oktober 2021, 15 kota telah menggunakan OneMap.id, antara lain: Kabupaten Gresik, Pasuruan, Sampang, Kota Banjarbaru, Kabupaten Kutai Kartanegara, Wonogiri, Puncak Jaya, Provinsi Maluku, Sulawesi Selatan, Kota Mojokerto, Bontang, Provinsi Kawa Timur, Kabupaten Hamahera Utara, Kabupaten Halmahera Timur.

Pemerintah Kota Bontang

Pemerintah Kota Bontang mengadopsi inovasi geospasial dalam penyusunan rencana kota dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

Aplikasi bernama Asmara Bang Sige (Aspirasi Masyarakat Dalam Pembangunan Berbasis Geospasial) dan Kapal Si GEO ( Kartu Peyandang Disabilitas Berbasis Geospasial) adalah sebuah forum online yang digunakan sebagai perangkat mengumpulkan tanggapan masyarakat untuk memastikan keberlanjutan kota dan meningkatkan inklusifitas warga.

Masyarakat dapat menyuarakan opini mereka akan tata kota sebelum pemerintah memulai suatu proyek sehingga, dan memungkinkan perubahan terjadi dengan biaya minimum dan berdampak minimal untuk masyarakat.

Bontang asmara bang sige news image

Kapal Si Geo (Kartu Peyandang Disabilitas Berbasis Geospasial) adalah aplikasi lainnya dengan pemanfaatan teknologi geospasial sehingga warga dapat memperoleh informasi tentang program dan layanan dalam pemenuhan hak para disabilitas.

Kapal Si Geo news image

Di masa pandemi, Pemerintah Kota Bontang menyempurnakan sistem data untuk mendukung pengambilan keputusan dan kebijakan yang optimal dari 499 RT.

“Pemrosesan umpan balik dari masyarakat secara manual membuat hampir tidak mungkin untuk memprioritaskan dan merespons dengan cepat mengingat banyaknya permintaan yang kami terima setiap hari.

“Dengan dukungan teknologi SIG, kami dapat memantau dan merekap seluruh data secara real-time dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bontang, menghemat anggaran, dan meningkatkan produktivitas kerja.” ujar Amiruddin, Kepala Bapelitbang Kota Bontang.

“Kami harap lebih banyak lagi penerapan teknologi SIG di institusi kami yang dilakukan dengan pendekatan tematik, holistik, terintegrasi, dan spasial untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” tutup Amiruddin.

Onemap.id juga memberikan inspirasi tentang cara menerapkan teknologi geospasial di berbagai sektor urusan pemerintahan daerah, yang menyajikan berbagai modul solusi berupa Dashboard, dan aplikasi SIG berbasis Web dan aplikasi berbasis perangkat seluler lainnya.

Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang Onemap.id silahkan kunjungi esriindonesia.co.id/onemapid atau hubungi tim kami.

Lightbox: industry subscription