3 MIN READ

Pada tahun 2017, badai merusak fasilitas Penyimpanan dan Pembongkaran Produksi Terapung (FPSO) bawah laut lapangan migas Langsa di Selat Malaka – sekitar 100 kilometer sebelah timur Aceh, Indonesia – sehingga menghentikan sementara operasinya.

Program restorasi yang dilakukan menunjukkan kurangnya hambatan yang tervalidasi dan terbatasnya data sumur, yang keduanya merupakan tantangan besar dalam melanjutkan operasi dengan aman.

Image removed.
Gambar 1. Blok lapangan Langsa di lepas pantai Sumatera Utara (NSO) 

(Sumber:
https://www.monitoringoil.com/2018/10/nso-block-contracts-extended-unti…;)" data-entity-type="file" data-entity-uuid="668dd034-bd53-4d1e-ab80-340e05f83ba0" src="/sites/esriindonesia.co.id/files/inline-images/Langsa%20NSO.jpg">

Dengan fokus utama pada pengamanan sumur Langsa dan merancang strategi baru untuk akuisisi data, tim tanggap darurat merekrut ahli geomatika dan GIS dari seluruh organisasi untuk membangun landasan bagi integrasi, analisis, dan visualisasi data.

Kendaraan yang dioperasikan dari Jarak Jauh (ROV) dikerahkan untuk mengumpulkan data batimetri yang akurat, dan dikelola dalam Model Data Survei Dasar Laut (SSDM) untuk mengukur tingkat kerusakan.

Dengan memasukkan data ke dalam pemodelan geologi bawah permukaan, diperoleh representasi profil dasar laut yang komprehensif dan akurat, termasuk lingkungan bawah laut serta geologi bawah permukaan.

Subsea data management with Seabed Survey Data Model (SSDM)
Gambar 2. Subsea data management menggunakan Seabed Survey Data Model (SSDM) di ArcGIS Platform

Visualisasi data 3D dan kontekstualisasi lingkungan bawah permukaan memberikan pandangan holistik lanskap geospasial yang kompleks kepada para eksekutif di Pertamina, sehingga memungkinkan proses pengambilan keputusan berdasarkan informasi dan data yang akan membantu memulai kembali aktivitas produksi di Lapangan Langsa.

 

3D seismic visualization of Langsa Field as Voxel Layer within ArcGIS platform
Gambar 3. Visualisasi 3D data bawah permukaan dengan GIS – menunjukkan formasi bawah permukaan bawah laut dan lintasan sumur.

Gambar 4. Visualisasi seismik 3D lapangan Langsa di Voxel Layer dalam ArcGIS platform.

“Ini untuk pertama kali-nya di Asia Tenggara, pembuatan representasi 3D bawah laut yang komprehensif menggunakan fotogrametri stereo bawah laut 3D.” Ujar Puguh Sarwanto, Lead Specialist Pertamina – Innovation Geomatic.

Memanfaatkan keahlian geomatika

Keberhasilan implementasi proyek ini tidak terlepas dari para ahli geomatika.

Mulai dari kegiatan geodesi dan survei hingga pengelolaan data geospasial, visualisasi, dan analisis, tenaga ahli professional di bidang ini memainkan peran penting.

Paraa ahli memastikan akses cepat terhadap integrasi data dan informasi terpercaya, menghadirkan insight yang berharga bagi para ahli teknis dan tim manajemen.

Proyek ini secara strategis memanfaatkan platform ArcGIS sebagai sistem yang komprehensif, yang berfungsi sebagai tulang punggung untuk mendukung restorasi kompleks Langsa.

Platform ini memfasilitasi pengelolaan data yang efisien, visualisasi yang kuat, dan analisis mendalam, memberikan kontribusi signifikan terhadap integrasi aspek geomatika dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan di seluruh siklus hidup proyek.

 

ArcGIS platform as a complete system to support Langsa complex restoration program.
Gambar 5. Platform ArcGIS sebagai sistem lengkap untuk mendukung program restorasi kompleks Langsa.

Keselamatan  dan lingkungan

Untuk kompleks Langsa, konvergensi data seismik, pemahaman datum vertikal, dan perencanaan survei yang cermat merupakan landasan keberhasilan proyek restorasi ini.

Namun, masalah keselamatan dan lingkungan tetap menjadi hal yang terpenting, dan untuk memastikan kegiatan operasi di lapangan Langsa berlangsung aman oleh karena itu proses pemantauan personel, infrastruktur, dan lingkungan juga menjadi prioritas dalam manajemen proyek ini.

Perjalanan ini merupakan orkestrasi berlapis-lapis, dan ini akan memberikan rekomendasi yang tepat mengenai proses komisioning ulang.

Konklusi

Didukung oleh wawasan berbasis GIS dan keahlian geomatika, program restorasi Langsa menetapkan standar regional baru untuk mengatasi tantangan langsung yang diakibatkan oleh insiden kritis. Meskipun berkontribusi terhadap dimulainya kembali produksi, wawasan yang diberikan akan memberikan informasi bagi strategi masa depan dan praktik industri untuk restorasi dan eksplorasi bawah laut.

Hubungi kami untuk berdiskusi tetang solusi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda.

About the Author

Puguh.jpg
Puguh Sarwanto
Lead Specialist Innovation Geomatic chez Upstream Innovation
Pertamina Hulu Energi, Jakarta, Indonesia
Inovasi terdepan di bidang geomatika di PT Pertamina Hulu Energi.
Pachira Eizza Paramitha
Pachira Eizza Paramitha
Senior Solution Specialist
Esri Indonesia, Jakarta
Ahli geospasial yang bersemangat dengan latar belakang teknik geodesi dan geomatika.

Lightbox: industry subscription