2 MIN READ

Esri Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding dengan PERHAPI 

Esri Indonesia, penyedia solusi geospasial terkemuka menandatangi MoU Kerjasama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) untuk memperkuat kolaborasi dengan para komunitas pertambangan di Indonesia.

MoU yang ditandatangani oleh Ketua Umum PERHAPI, Ir. Rizal Kasli, ST., IPM., ASEAN Eng, dan Country Manager Esri Indonesia, Christanto Yanuar, terkait kerjasama tentang pengembangan kapasitas sumber daya manusia melalui pemanfaatan teknologi ArcGIS di bidang pertambangan dalam meningkatkan produktivitas, keamanan, dan efisiensi kegiatan operasional tambang.

Mou_card

PERHAPI merupakan organisasi perhimpunan para ahli tambang di Indonesia, baik akademisi maupun praktisi yang tersebar di berbagai instansi pemerintah, instansi pendidikan dan dunia usaha.

Pada kesempatan ini Rizal menyampaikan “Harapan kami dengan kerjasama ini dapat meningkatkan keterampilan SIG para praktisi tambang melalui pelatihan, sertifikasi, seminar, joint research, advokasi dan program pengabdian masyarakat bersama Esri Indonesia”.

Sementara itu, Christanto mendukung penuh pernyataan Rizal dan menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pemanfaatan data spasial, tidak terbatas di sektor komersial namun juga di lingkungan komunitas profesional, pendidikan dan masyarakat.

“Berbekal produk berkualitas dan pemahaman unik tentang platform ArcGIS, kami berkomitmen untuk mempertajam kemampuan analisa data spasial para pelaku industri, khususnya para ahli tambang, sehingga sektor ini dapat merasakan hasilnya, seperti ketika harus mengambil keputusan secara cepat”, ujar Christanto.

Teknologi SIG menyediakan solusi di seluruh siklus hidup operasi penambangan - mulai dari pencarian prospek hingga konstruksi — dan memungkinkan aksesibilitas dan visualisasi data pemetaan, pemantauan operasi secara interaktif, dan pelaporan aset untuk menginformasikan potensi dan mitigasi risiko.

Keunggulan lain dari ArcGIS adalah memetakan topografi, eksplorasi, spatial modeling geologi 3D, mine planning, pemantauan area resiko lingkungan tambang, sementara aplikasi  ArcGIS drone2map memungkinkan pengukuran kemajuan tambang dengan pemanfaatan data drone untuk memantau kemajuan.

Dengan keahlian menggunakan teknologi SIG operasi penambangan dapat menjadi lebih aman, efisien dan berkelanjutan.

Lightbox: industry subscription