3 MIN READ

Sektor energi menjadi pusat perhatian dalam GeoInnovation Awards tahun ini yang diselenggarakan oleh perusahaan pemetaan pintar Esri Indonesia. SKK Migas sebagai regulator industri hulu migas bersama  perusahaan pertambangan batubara PT Kideco Jaya Agung muncul sebagai dua dari enam institusi penerima penghargaan acara bergengsi ini.

Inovasi SKK Migas menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sistem pemetaan terhubung yang menjadi pondasi pertukaran data dan informasi serta pengelolaan data guna mendukung eksplorasi dan operasi hulu migas nasional mengantarkan SKK Migas sebagai penerima penghargaan.

SKK Migas memainkan peran penting sebagai regulator yang bertugas memantau dan mengawasi bisnis hulu migas di Indonesia, dengan tanggung jawab mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas pada tahun 2030. Salah satu peran penting yang dijalankan adalah menampilkan lokasi geografis, dengan mendukung Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) yang dikembangkan Pusat Data dan Teknologi Informasi ESDM (Pusdatin ESDM). 

SKK Migas accepting a GeoInnovation Award
Syukri Waldi, Kepala Divisi Teknologi Informasi dari SKK Migas, menerima Penghargaan GeoInnovation Award dari Leslie Wong, Presiden Direktur, Esri Indonesia, dan Steven Kusnadi, Direktur Esri Indonesia. 

Adji Arwinda, Analis Senior Pengelolaan Data Petroleum di SKK Migas mengatakan, “Upaya yang dilakukan tim manajemen data SKK Migas bersama para stakeholder, termasuk perusahaan kontraktor kontrak Kerja Sama (KKKS) dan Esri Indonesia sebagai penyedia layanan SIG dan IT bertujuan untuk memastikan terjadinya pertukaran, pengelolaan, dan pemantauan data migas sebagai aset nasional secara terbuka, digital dan mulus. Kami berharap di masa depan tidak ada lagi transfer data secara manual dan data silo yang dapat menghambat kinerja para stakeholder di bidang ini.”

Dia menjelaskan, platform pemetaan berbasis web yang dipilih SKK Migas dan KKKS memungkinkan kedua pihak berkolaborasi dan berbagi wawasan, dengan prioritas pada demokratisasi data untuk memenuhi standar tata kelola, penjaminan mutu, dan pelaporan. 

Adji optimistis bahwa efek berganda dari penggunaan teknologi pemetaan pintar akan dirasakan secara positif di seluruh industri hulu migas. “Pengelolaan data hulu yang efektif akan meningkatkan kegiatan eksplorasi dan meningkatkan investasi – yang pada akhirnya meningkatkan produksi minyak dan gas. Muaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi bagi pemerintah dari sektor ini,” katanya.

Penghargaan GeoInnovation Awards juga diberikan kepada PT Kideco Jaya Agung - perusahaan pertambangan yang mengelola lahan seluas 47.500 hektar di Kalimantan Timur dan menghasilkan 34,5 juta ton batu bara. Digitalisasi sistem pemantauan lahan yang dikembangkan Kideco memungkinkan manajemen membuat keputusan yang adil terkait pemberian kompensasi terhadap pemilik lahan.   

Kideco accepting a GeoInnovation Award
Arif Kayanto, Chief of Legal and Corporate Affair Officers, dari PT Kideco Jaya Agung, menyampaikan presentasi pada acara GeoInnovation Awards 2023.

Selain itu, Kideco memanfaatkan SIG untuk digitalisasi atas akses terhadap properti dan mineral, pemantauan dan pelaporan aset, dan memastikan pemenuhan standar kepatuhan terhadap regulasi yang ada.

Kepala Pusat Data dan Informasi, Bappenas, Agung Indrajit yang tampil sebagai salah satu pembicara utama menekankan pentingnya kolaborasi dan berbagi data di era digital modern, terutama dalam persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

“Para pionir digital yang hari ini menerima penghargaan atas solusi mutakhir telah menunjukkan potensi analisis lokasi untuk menemukan jawaban atas tantangan-tantangan yang ada, yang mungkin sulit diselesaikan dengan cara tradisional. Para inovator ini terus memfasilitasi transformasi bangsa dan perekonomian kita sebagai persiapan untuk masa depan,” kata Agung.

Agung Indrajit keynote speaker
Agung Indrajit, Kepala Pusat Data dan Informasi, Bappenas/Kementerian PPN, menekankan pentingnya kolaborasi dan berbagi data dalam era digital modern.

GeoInnovation Awards 2023 diselenggarakan oleh Esri Indonesia, yang merupakan penyedia teknologi SIG. Teknologi ini memungkinkan pemerintah dan entitas perusahaan memanfaatkan analisis data canggih berbasis lokasi, untuk mendorong efisiensi operasional dan memfasilitasi pengambilan keputusan berdasarkan data dan berbasis fakta di lapangan.

Total ada enam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Presiden Direktur Esri Indonesia, Leslie Wong, dan Direktur Corporate Development Esri Indonesia,  Steven Kusnadi kepada para inovator, yakni SKK Migas, PT Kideco, PT PLN (Persero), Telkomsel, PUSHIDROSAL, serta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta.

Leslie Wong mengatakan, keenam institusi peraih GeoInnovation Awards 2023 telah mewakili lembaga pemerintah dan swasta yang berpikiran maju di Indonesia. “Mereka memanfaatkan kekuatan intelijen lokasi untuk mengatasi tantangan yang kompleks, sehingga menghasilkan keputusan bisnis yang tepat dan kebijakan pemerintah yang lebih efisien. Kepemimpinan dan pendekatan mereka menjadi tolok ukur bagi organisasi-organisasi lain baik di dalam maupun di luar Indonesia,” ujarnya.

GeoInnovation Awards mempertemukan lebih dari 200 profesional dan pemangku kepentingan utama dari berbagai industri di komunitas spasial Indonesia yang berkembang pesat.  

Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim media kami yaitu Martin Volz, Senior PR and Communications Advisor.

Lightbox: industry subscription